Halaman

Kamis, 12 Maret 2015

HOMO SOCIUS


By Pdt. Maryam Kurniawati D.Min


Manusia adalah makhluk sosial (Homo Socius). Dalam menjalani kehidupan ini, manusia tidak dapat hidup seorang diri tanpa bantuan orang lain. Sehebat apa pun dia, orang pasti membutuhkan kehadiran dan pertolongan orang lain dalam kehidupannya. 

Menurut Abraham Maslow manusia memiliki 5 macam kebutuhan yaitu physiological needs(kebutuhan fisiologis), safety and security needs (kebutuhan akan rasa aman), love and belonging needs (kebutuhan akan rasa kasih sayang dan rasa memiliki), esteem needs(kebutuhan akan harga diri), dan self-actualization (kebutuhan akan aktualisasi diri) yang dijabarkan sebagai berikut:

1.   Kebutuhan Fisiologis (Physiological). Jenis kebutuhan ini berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan dasar semua manusia seperti makan, minum, istirahat, menghirup udara, menghindari rasa sakit dsb. Jika kebutuhan dasar ini tidak terpenuhi, tubuh manusia akan menjadi rentan terhadap sakit penyakit.

2.   Kebutuhan rasa aman dan perlindungan (Safety and Security Needs)  Ketika kebutuhan fisiologis seseorang telah terpenuhi, kebutuhan akan rasa aman, stabilitas, proteksi dan keteraturan akan muncul. Jika tidak terpenuhi, akan timbul rasa cemas dan takut sehingga dapat menghambat pemenuhan kebutuhan lainnya.

3. Kebutuhan akan rasa kasih sayang dan rasa memiliki (Love and Belonging Needs). Ketika kedua jenis kebutuhan di atas terpenuhi, seseorang akan membutuhkan kasih sayang dan rasa memiliki. Hal ini dapat terlihat dalam usaha seseorang untuk mencari dan mendapatkan teman, kekasih, anak, atau bahkan keinginan untuk menjadi bagian dari suatu komunitas tertentu seperti tim sepakbola, klub peminatan dan seterusnya. Jika tidak terpenuhi, maka perasaan kesepian akan timbul.

4.   Kebutuhan akan harga diri (Esteem Needs). Setelah ketiga kebutuhan di atas terpenuhi, akan timbul kebutuhan akan harga diri. Menurut Maslow, terdapat dua jenis, yaitu lower one dan higher oneLower one berkaitan dengan kebutuhan seperti status, atensi, dan reputasi. Sedangkan higher one berkaitan dengan kebutuhan akan kepercayaan diri, kompetensi, prestasi, kemandirian, dan kebebasan. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka dapat timbul perasaan rendah diri dan inferior.

5. Kebutuhan aktualisasi diri (Self Actualization). Kebutuhan terakhir menurut Maslow adalah kebutuhan akan aktualisasi diri. Jenis kebutuhan ini berkaitan erat dengan keinginan untuk mewujudkan dan mengembangkan potensi diri. Menurut Abraham Maslow, kepribadian bisa mencapai peringkat teratas bila mengalami interaksi dengan banyak orang, karena dengan aktualisasi diri seseorang akan dapat memanfaatkan potensinya secara sempurna.




            Dari kelima hierakhi kebutuhan yang dijabarkan oleh Abraham Maslow, kita disadarkan bahwa hidup kita tidak terpisahkan dari orang-orang yang ada di sekeliling kita. Dengan teman-teman kita dapat berbagi suka dan duka, dan ada orang-orang yang dihadirkan Tuhan untuk memberikan pertolongan ketika kita sakit, susah dan menderita. Ya, itulah sebabnya kita saling membutuhkan. Saya butuh kamu, dan kamu butuh saya.

            Keluarga (orang tua, anak, suami atau isteri) adalah orang-orang yang paling dekat dengan kita. Sekali pun kadang dipisahkan oleh jarak, tetapi tidak membuat kita kehilangan kontak. Komunikasi dan hubungan batin tetap harus terjaga. Di dunia ini seungguhnya semua orang saling membutuhkan. Tidak ada satu pun manusia yang dapat hidup seorang diri tanpa bantuan orang lain. Sehebat apa pun dia, pasti membutuhkan orang lain dalam kehidupannya.

            Coba bayangkan saja, apa jadinya hidup keluarga kita bila tidak ada tukang sayur yang menjual tahu, tempe, telur, wortel, kacang panjang, bawang merah, bawang putih  dsb untuk kita masak dan makan? Mungkin kita punya uang yang banyak, tetapi jika tidak ada petani yang menanam padi di sawah, dan sayur mayur di ladang, keluarga kita akan mati kelaparan. Coba lihat halaman depan rumah. Apa jadinya bila tidak ada truk pengangkut sampah, dan tukang sapu yang membersihkan daun-daun kering dan bungkus plastik makanan dan minuman yang berserakan di jalan? Rumah kita pasti akan penuh dengan sampah yang bau dan busuk, dan halaman rumah kita menjadi sarang tikus dan ular.

          Percayalah, hidup kita akan susah dan tidak menyenangkan seandainya kita hidup seorang diri tanpa teman atau orang lain di sekitar kita. Perhatian dan kepedulian orang lain kepada kita adalah wujud nyata bahwa kita kita tidak sendiri dalam hidup ini. Sebab itu dalam komunitas keluarga dan masyarakat, akan selalu ada uluran tangan dari orang lain dan kita harus senantiasa introspeksi, untuk bisa berbagi dan membantu orang lain. (Disarikan dari berbagai sumber :))


Tidak ada komentar:

Posting Komentar